Trik Sederhana Membuat Internet Menjadi Murah

Gambar
  Sekarang internet sudah menjadi kebutuhan dan setiap orang menggunakan internet, siapa sih yang tidak ingin internet menjadi murah? Supaya internet bisa menjadi murah sebenarnya sangat sederhana: Berbagi biaya akses internet dengan tetangga / Patungan, contoh sederhana bisa kita gunakan dengan sistem RT/RW Net . Membangun Server Lokal untuk menyimpan semua data konten dari internet, hal ini bertujuan untuk menghilangkan biaya akses internet ke luar, jika server ada di lingkungan RT/RW Net maka cukup hanya server yang mengumpulkan data/konten baru dari internet untuk disimpan di server lokal. (konten video dan artikel ). Lebih banyak yang ikut patungan untuk akses internet maka akan semakin murah biaya layanan internet. Misal harga layanan 500rb 10Mbps. Maka kita bisa bagi dengan jumlah orang/rumah yang ikut patungan. Contoh : untuk membagi biaya kita bisa bagi dengan misal 10 Rumah ikut patungan , 10Mbps / 10 rumah maka masing-masing rumah akan mendap

ALASAN KENAPA BANYAK ORANG BELAKANGAN ini Lebih Memilih LINUX daripada WINDOWS

 

Alasan Kenapa Belakangan ini Orang Lebih Memilih menggunakan Linux Ketimbang Windows

Pada artikel kali ini saya akan memaparkan beberapa alasan kenapa sih orang lebih memilih Linux dibandingkan Windows sebagai sistem operasi PC ataupun Laptop nya bahkan untuk keperluan Server.

Windows adalah sistem operasi yang bisa dibilang populer dan sangat banyak digunakan pada komputer desktop akhir-akhir ini, selanjutnya disusul oleh MacOS X dan Linux.

Kelebihan windows dibanding dengan OS lain adalah mudah dioperasikan, ketersediaan software yang banyak, dan tidak butuh waktu lama untuk user baru dalam pengoperasiannya meskipun ini menjadi kontropersi karena hal ini bisa terjadi akibat dari tidak pernah ada sekolah yang mengajarkan linux sejak dini.

Lah terus kenapa harus linux daripada windows? Dari pemapara di atas mungkin bisa kita pahami jika memang linux sedikit sulit menurut pandangan orang karena memang tidak pernah diajarkan dan tidak ada dalam kurikulum pendidikan. Ada banyak sekali lasan kenapa memilih linux ketimbang windows, diantaranya adalah:

Linux Itu 100% Gratis

Yaaps, hal inilah sebagian besar pengguna sekarang beralih ke linux karena sifatnya yang bebas atau gratis daripada windows. Wifi aja kan kita sering cari yang gratisan hehehe.. berapa sih harga lisensi Windows versi terbaru saat ini. Untuk bisa menggunakan Windows 10 64bit Home kita haruskan mengeluarkan uang sekitar Rp1.817.000 bahkan bisa lebih harga ini saya kutip dari situs jual beli online, memang ada yang menawarkan harga super miring mulai harga Rp50.000 hingga ratusan ribu rupiah. Bahkan saya pernah bertanya ke toko-toko komputer harga nya itu hanya Rp50.000 sudah dalam bentuk CD dan lisensinya, tentu saja ini bajakan dan akan berakibat tidak berjalan nya system dengan baik. sedangkan untuk edisi Professional dikisaran Rp2.500.000 ke atas dan harga ini juga saya lihat di situs jual beli online. Yaa kalo di toko-toko komputer mungkin hanya Rp100.000 aja udah bisa install windows 10 Pro terbaru hehehe... Jumlah yang cukup mahal untuk sebuah sistem operasi bukan.

Sedangkan Linux adalah sistem operasi yang 100% gratis, kita tidak perlu mengeluarkan biaya seperserpun untuk dapat menggunakan Sistem Operasi ini. Yaa mungkin kita harus mengeluarkan sedikit uang dan waktu untuk mendownload file installer-nya saja, tapi terkadang juga gratis dikasih sama teman hehehe.

Linux itu bersipat Open Source

Sistem operasi ini masuk ke dalam Free & Open Source Software, yang artinya kode sumber Linux dapat dilihat dan bahkan di modifikasi oleh siapa saja. Hal ini dikarenakan Linux didistribusikan dibawah lisensi GNU General Public License (GPL) dan beberapa lisensi lainnya. Pada lisensi ini tegas mengatakan bahwa siapapun bebas untuk menggunakan, mempelajari, memodifikasi, dan bahkan mendistribusikan kembali tanpa dibatasi.

Oleh sebab itu mulai banyak orang, pemerintahan, komunitas, atau kelompok yang tertarik untuk mengembangkan dan mendistribusikan kembali seperti yang mereka kehendaki. Dan bahkan jika kita ingin membuat distro linux versi sendiri juga bisa loh yaa...

Lupakan yang namanya Virus

Salah satu isu yang paling ditakuti oleh pengguna Windows adalah virus, malware, spyware, trojan, dan lain-lain. Hal ini memaksa kita untuk mengeluarkan uang lebih agar bisa membeli anti-virus yang tentu bisa update database virus untuk keamnan pc /laptop kita.

Di linux kamu ga perlu khawatir dengan hal semacam ini, karena linux memiliki kemanan yang tinggi dan otorisasi yang cerdas, meskipun memang tidak sepenuhnya linux tidak ada virus, memang ada virus di linux tapi ini tidak menjadi maslah karena hal tadi memiliki keamanan dan otorisasi sehingga virus seolah tidak berkutik.

Pengalaman saya selama menggunakan linux dari tahun 2017 hingga saat ini tidak pernah mengalami kendala dengan yang namanya virus. Kalo di laptop teman kerja saya sering banget muncul maslah file rusak, error dan lainya. Dan kebanyakan virus yang dibuat oleh cracker (bukan hacker yaa) bertujuan untuk menyerang Windows.

Linux Lebih Stabil daripada Windows

Stabil disini maksudnya PC atau Laptop yang menggunakan linux bisa bertahan hidup tanpa harus di reboot/restart dalam jangka waktu yang sangat lama, hal ini yang membuat orang menggunakan linux untuk keperluan sever. Bahkan saya sendiri sering membiarkan laptop saya menyala beberapa hari bahkan beberapa minggu dan tidak ada kendala selagi listrik ada hehehe. Beda halnya dengan sistem operasi windows terkadang kita mengalami maslah seperti crash, blue screen, atau pesan galat yang mengharuskan komputer perlu di-reboot/restart tanpa alasan yang jelas.

Cepat dan Ringan

Linux itu cepat dan ringan ketika menyala di awal (boot) bahkan hanya memerlukan waktu kurang dari 1 menit dibandingkan dengan windows yang kadang kita harus menunggu sambil menyeduh kopi hehehe. Jika windows semakin lama pemakaian maka akan semakin lama juga proses boot atau startnya, hayooo siapa yang mengalami hal ini hehe,kalo saya sih pernah nungguin start latop teman yang ga bisa diajak jalan cepat.

Dukungan Komunitas Yang Luas

Ada dua jenis dukungan komunitas, yaitu Dukungan Komunitas Pengguna dan Dukungan Komunitas Profesional. Dukungan komunitas pengguna yaitu dukungan dari pengguna Linux itu sendiri yangmengerti‘ Linux dan memiliki kemampuan dalam menulis kode program Linux. saat ini di Indonesia banyak komunitas Linux atau forum diskusi yang membahas Linux.

Sedangkan Dukungan Profesional adalah dukungan yang diberikan langsung oleh pengembang distro Linuxseperti distro Ubuntu yang dikembangkan oleh Canonical Ltd. Mereka tentu akan memberikan dukungan penuh bagi pengguna Ubuntu Linux.

Terdapat Banyak Aplikasi Gratis

Selain Sistem Operasinya yang gratis, kita juga disediakan banyak aplikasi pendukung yang juga gratis tanpa harus menggunakan aplikasi crack. Aplikasi crack sendiri adalah aplikasi untuk mengaktivekn software yang tentu bajakan. Lebih bahayanya lagi aplikasi crack juga bisa saja di susupi virus berbahaya.

Tersedia Update Software dan Sistem Operasi

Di linux sangat mudah untuk melakukan Update dan Upgrade software serta Sistem operasi yang paling penting tetap gratis. Kita tidak perlu repot dalam instalasi dan update tersebut, cukup dengan menggunakan console terminal linux kita sudah bisa melakukan update dan upgrade dengan menggunakan perintah

sudo apt-get update” atau “sudo apt-get upgrade” tanpa tanda kutip yaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Sistem Informasi Data Kependudukan ( SIDAK ) GRATISS!!

Trik Sederhana Membuat Internet Menjadi Murah

Aplikasi Sistem Informasi Tabungan Siswa (GRATISS!!)